Ragam Permainan Outdoor yang Bisa Dicoba Si Kecil

Ragam Permainan Outdoor yang Bisa Dicoba Si Kecil

Dummy

Anak-anak tak seharusnya terus-terusan bermain di dalam rumah. Terlebih hanya memainkan gadget saja. Anak-anak perlu bermain untuk membantu tumbuh kembangnya. Nah, untuk tumbuh kembang yang positif, sebaiknya jauhkan mereka dari gadget dan ajak mereka bermain di luar ruangan.

Ada banyak permainan outdoor yang seru dan bisa dicoba anak Anda yang pastinya juga bermanfaat bagi diri mereka sendiri. Dengan begitu, si kecil bisa jadi lebih aktif dan sehat serta punya rasa percaya diri yang tinggi.

Permainan Outdoor Sesuai Usia

Bagi anak-anak yang belum terbiasa bermain outdoor, mereka belum tentu berani memulai. Nah, untuk itu ada baiknya Anda memulai memperkenalkan mereka dengan permainan outdoor sejak kecil. Bahkan ketika mereka masih bayi. Sesuaikan permainan outdoor dengan usia mereka agar manfaatnya lebih terasa.

Untuk anak yang masih berusia di bawah satu tahun, Anda bisa mengajak mereka bermain outdoor dengan kegiatan seperti belajar merangkak di atas rumput yang dialasi kain, melihat tanaman di sekitar sambil mendengarkan kicauan burung atau binatang lainnya, atau bisa juga mengajak mereka melihat pemandangan sekitar.

Sedangkan untuk usia balita, karena rasa keingintahuannya meningkat, Anda bisa mencoba permainan yang levelnya lebih tinggi seperti membangun istana pasir, bermain lempar tangkap bola di halaman, atau bermain dengan air dan lumpur saat hujan.

Untuk usia pra sekolah, Anda bisa mendorongnya untuk bermain bersama anak-anak lain seperti bermain petak umpet, mencari beragam warna tumbuhan di sekitar, atau bermain dengan rumah pohon dan sarana permainan playground lain.

Nah, bila mereka sudah bersekolah, maka mereka akan jauh lebih aktif lagi. Dalam usia ini, Anda bisa mengekplor lebih banyak permainan outdoor untuk mereka. Beberapa di antaranya adalah memanjat pohon, bermain kejar-kejaran, bermain layangan untuk anak laki-laki atau berkebun.

Manfaat Bermain Outdoor Bagi Si Kecil

Selain bisa membuat anak-anak lebih aktif dan sehat, permainan outdoor juga memiliki banyak manfaat lain seperti mengembangkan kemampuan motorik halus dan motorik kasar mereka. Bermain di luar membuat mereka banyak bergerak. Pergerakan itu membuat motorik mereka lebih aktif dan karena inilah kemampuannya terus berkembang.

Selain itu, bermain di luar rumah juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh mereka. Bila ada anggapan bahwa bermain di luar rumah hanya membuat anak-anak sakit, itulah yang salah. Apa yang anak lakukan dan masukkan ke dalam mulut akan membuat sistem imunnya bekerja memprosesnya dan membuat penangkal bila itu berbahaya.

Sehingga, hal itu membuat sistem kekebalan tubuh lebih baik. Manfaat lain dari bermain outdoor ini adalah anak Anda akan mendapat asupan vitamin D yang banyak. Bermain di bawah sinar matahari bisa membuat kebutuhan vitamin D yang berguna untuk pertumbuhan anak-anak terpenuhi.

Idealnya, bila anak-anak ingin bermain di bawah matahari adalah antara jam 8 hingga 10 pagi atau sore mulai dari jam 4. Hindari bermain saat tengah hari karena saat itu sinar matahari malah membahayakan kulitnya.

Manfaat lainnya, ketika anak-anak bermain di luar rumah, mereka bisa belajar banyak tentang alam. Seperti tanaman yang tumbuh di air atau tanaman yang tumbuh menempel pada tanaman lainnya. Kegiatan ini tentunya memunculkan rasa cinta pada alam pada anak-anak.

Anda tak perlu takut anak-anak bau dan kotor ketika bermain di outdoor. Sekarang ada perawatan tubuh anak DOREMI Thomas & Friends yang akan selalu menjaga kebersihan dan kesegaran Anda. Dengan DOREMI, Anda bisa mempersiapkan #GreatAdventureAwaits anak-anak sehingga mereka bisa tumbuh jadi anak hebat dan berkarakter baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *